79% Investor Percaya pada Uang Pertanian Kripto, Karena Ini Alasannya!

Posted on

Secara mengejutkan, 79% investor masih percaya aset digital akan menjanjikan. Faktanya, akhir-akhir ini kita telah diperlakukan dengan penurunan yang sangat dalam di pasar crypto.

“Wealth Expectancy Report 2022” dari Standard Chartered mengungkapkan bahwa investor lokal masih percaya aset digital adalah bagian penting dari portofolio investasi. Meskipun ada banyak kemunduran di pasar tersebut tahun ini.

Saat ini, 66% investor global memiliki aset digital, dibandingkan dengan 80% investor di Indonesia. Ke depan, 79% investor lokal yang disurvei berencana untuk meningkatkan investasi mereka pada aset digital di tahun mendatang.

Alasannya adalah bahwa banyak yang mengatakan mereka telah melihat orang lain mendapat manfaat signifikan dari aset digital (32%), dan 30% lainnya menganggapnya sebagai cara yang baik untuk mendiversifikasi portofolio mereka.

Namun, penting untuk dicatat bahwa survei ini dilakukan sebelum kebangkrutan pertukaran kripto (FTX crash) dan peristiwa lain yang terjadi dalam beberapa minggu terakhir dapat meredam sentimen ini.

Mayoritas investor global yang disurvei (62%) umumnya mengelola keuangan mereka sendiri, meskipun ada beberapa variasi di berbagai negara. Banyak investor di Indonesia (33%) menggunakan wealth manager profesional.

Rata-rata, di 14 negara, investor yang lebih muda (18-35 tahun) (63%) cenderung menggunakan profesional dibandingkan dengan 39% di antara usia 55+ tahun. Rata-rata, investor yang menggunakan manajer profesional lebih cenderung memiliki portofolio yang terdiversifikasi dan kepemilikan yang lebih besar dalam investasi berkelanjutan.

Marc Van de Walle, Global Head of Wealth Management, mengatakan: “Investor menghadapi kenyataan yang kompleks, dengan inflasi, ancaman resesi dan peringkat ekonomi global yang tidak pasti sebagai perhatian utama mereka.

“Penelitian kami mengungkapkan bahwa mereka membuat perubahan pada alokasi portofolio dalam menghadapi tantangan ini, tetapi penting bagi mereka untuk membuat keputusan yang selaras dengan tujuan dan lingkungan eksternal mereka.” Kami percaya bahwa portofolio yang terdiversifikasi dengan strategi menghasilkan pendapatan multi-aset menawarkan beberapa peluang terbaik saat ini. Jenis portofolio ini dikombinasikan dengan saran pribadi dari wealth manager dapat membantu investor mengatasi kondisi pasar saat ini dan mencapai tujuan jangka panjangnya,” jelasnya, dikutip dari siaran pers, (9/12/2022).