Bingung Ada Nomor Baru, Cek Nomor Tidak Dikenal dengan Aplikasi Ini agar Tak Kena Tipu

Posted on

Pengguna ponsel (hp) kini dapat cek nomor tidak dikenal dengan mengunduh aplikasi penyedia layanan pelacak nomor telepon. Aplikasi dapat diunduh di App Store atau Google Play Store.
Aplikasi ini dapat digunakan untuk melacak nomor hp yang menghubungi pengguna melalui telepon maupun pesan singkat (SMS).

Umumnya, pengguna hanya perlu memasukkan nomor ke kolom pencarian di aplikasi, lalu aplikasi akan melacaknya.

Jika pengguna sudah memberi izin akses panggilan telepon maupun SMS ke aplikasi tersebut, aplikasi akan mendeteksi secara otomatis ketika panggilan masuk, meski nomor belum pernah Anda simpan di kontak.

Cara cek nomor telepon ini tentunya akan sangat berguna jika Anda sering mendapat telepon maupun SMS dari orang tak dikenal. Apalagi saat ini sering kali ada panggilan dan SMS dari orang tak dikenal dengan berbagai alasan.

Mulai dari panggilan ojek online, salah sambung, permintaan donasi, penipuan, hingga teror pinjaman online alias pinjol.

Maka dari itu, tak ada salahnya melacak terlebih dahulu nomor yang menghubungi Anda sebelum merespons panggilan maupun SMS dari nomor tak dikenal.

Berikut tujuh aplikasi cek nomor tak dikenal yang bisa Anda manfaatkan.

1. Getcontact

Getcontact merupakan aplikasi layanan pelacak nomor telepon yang sudah diunduh oleh one hundred juta pengguna di seluruh dunia. Aplikasi ini dapat memberi tahu nomor kontak orang yang menghubungi Anda.

Selain dapat melacak nomor hp, Getcontact juga dapat digunakan untuk memberi tag atau label kontak kepada nomor yang Anda simpan. Nantinya, nama kontak yang Anda berikan ke sebuah nomor akan masuk ke facts nama kontak Getcontact.

Pengguna juga dapat melihat tag atas nomor telepon Anda sesuai yang diberikan oleh orang lain yang menyimpan kontak Anda. Selain itu, pada versi berbayar alias top class, Anda dapat melihat siapa saja orang-orang yang melihat tag atau mencari nomor Anda.

2. Truecaller

Aplikasi yang sudah diunduh oleh 1 miliar pengguna ini juga bisa menjadi opsi untuk melacak nomor hp orang tak dikenal. Selain dalam layout aplikasi, Truecaller juga memiliki layanan pelacak nomor telepon dalam bentuk situs.

Jadi untuk Anda yang tidak ingin mengunduh Truecaller, tetap bisa cek nomor tidak dikenal tanpa aplikasi. Truecaller dapat mengidentifikasi nomor, nama, lokasi, hingga nama company.

Selain itu, Truecaller juga memberikan notifikasi spam atas nomor yang kerap dilaporkan (report) oleh pengguna lain. Dengan begitu, Anda jadi lebih bisa berhati-hati ketika mendapat panggilan dan SMS dari nomor dengan label unsolicited mail tersebut.

3. Sync.ME

Seperti halnya Truecaller, Sync.ME juga tersedia versi aplikasi dan situs. Keduanya dapat digunakan untuk cek nomor tidak dikenal.

Namun tak hanya untuk mengidentifikasi nomor, Sync.ME juga dapat menyinkronkan nomor kontak yang disimpan dan menggabungkan atau duplikat kontak.

Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur panggilan pintar yang dapat mendeteksi setiap telepon masuk, merekam panggilan, dan menemukan segala sesuatu tentang orang yang menelepon Anda.

4. Caller ID

Caller ID yang telah diunduh oleh 1 juta pengguna di dunia juga bisa menjadi pilihan untuk melacak nomor tak dikenal. Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk pencadangan kontak yang tersimpan.

Begitu juga dengan merekam telepon yang masuk dan keluar untuk keperluan dokumentasi. Yang tak kalah penting, layanan ini free of charge. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini di App Store atau Google Play Store.

Five. Mr. Number

Fitur di aplikasi Mr. Number dapat memperlihatkan nama dan foto dari nomor telepon yang masuk ke panggilan hp penggunanya. Selain itu, Anda juga dapat memberikan perlindungan dari panggilan yang mengganggu dan berupa penipuan.

Soalnya, aplikasi ini akan memberikan notifikasi jika ada panggilan yang mengindikasikan penipuan. Pengguna juga dapat melakukan blokir dari panggilan-panggilan tak dikenal dan mengetahui siapa yang menelepon Anda.

Berbagai fitur di Mr. Number ini telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna.

6. Whoscall

Aplikasi yang telah diunduh oleh 50 juta pengguna di dunia ini menawarkan layanan identifikasi nomor telepon yang masuk sampai melacak nomor yang ingin diketahui identitasnya.

Whoscall juga dapat mendeteksi panggilan dengan label unsolicited mail, menyaring panggilan yang dicurigai, menghindari panggilan dan penipuan yang mengganggu, hingga memindai SMS dari nomor telepon orang lain.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat menghemat waktu sekaligus berhati-hati dalam menerima panggilan dan SMS yang masuk.

7. CallApp

CallApp dapat mengidentifikasi berbagai nomor yang masuk ke hp Anda karena memiliki database lebih dari 6 miliar nomor di dunia. Aplikasi ini juga memiliki fitur mode gelap untuk menghemat baterai hp ketika menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, CallApp dapat digunakan untuk cek nomor tidak dikenal dan memberikan nada dering khusus untuk nomor kontak yang tersimpan. Tak ketinggalan, Anda juga bisa memblokir nomor yang tak dikenal.