PLN digandeng Oleh NFC Indonesia (NFCX) dalam Berkolaborasi Bangun Ekosistem Kendaraan Listrik

Posted on

(NFCX) melalui anak usahanya, Volta menggandeng PT PLN (Persero) untuk mendukung ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. Melalui kerja sama ini, masyarakat yang ingin membeli sepeda motor listrik dapat langsung melakukan pembelian melalui fitur marketplace yang tersedia di PLN Mobile.

 

CEO PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, kerja sama ini untuk mendukung kebijakan pemerintah yang akan memberikan bantuan pembelian motor listrik bagi masyarakat. Melalui kerja sama ini, pengadaan yang dibantu pemerintah akan terhubung langsung ke PLN Mobile. “Kebijakan pemerintah ini tentunya akan mempercepat pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik. Jumlah sepeda motor listrik akan bertambah,” kata Darmawan seperti dikutip rilis informasi, Sabtu (11/3/2023).

 

Selain itu, PLN berkolaborasi membangun stasiun tukar baterai kendaraan listrik umum (SPBKLU) untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik dan secara mandiri membangun stasiun pengisian listrik umum (SPLU). PLN juga telah membangun Electric Vehicle Digital Services (EVDS) yang merupakan platform digital layanan one stop-shop bagi ekosistem kendaraan listrik. Masyarakat diberikan kenyamanan karena bisa melihat lokasi tukar baterai motor listrik. CEO Volta Iwan Suryaputra mengaku telah memasukkan lebih dari 25 jenis produk ke dalam PLN Mobile. Jumlah produk Volta yang terjual di PLN Mobile akan terus meningkat.

 

Iwan mengaku Volta juga akan meningkatkan kerja sama dengan pihak terkait untuk mempercepat pengembangan kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini dilakukan bersamaan dengan upaya perluasan infrastruktur pendukung kendaraan listrik.

“Saat ini Volta memiliki infrastruktur EV yang masif, yakni 245 stasiun battery change system (GBS) dan 96 diler yang tersebar di seluruh Indonesia,” ujarnya. Diketahui, Volta telah resmi menerima insentif untuk kendaraan listrik sesuai dengan keputusan pemerintah yang disampaikan pada Senin (6/3/2023). Pemerintah telah menyampaikan keputusan untuk memberikan bantuan pembelian sepeda motor listrik baru sebesar Rp 7.000.000 per unit sepeda motor sebanyak 200.000 unit pada tahun 2023.

Volta dengan IoT Volta terima subsidi karena memiliki tingkat komponen rumah tangga (TKDN) di atas 40 persen, yakni 47,36 persen.