Tips Maksimalkan Foto dan Video Kualitas Tinggi menggunakan Kamera Smartphone

Posted on

Fotografi dan videografi sekarang ini tampaknya lebih populer berkat aplikasi seperti Instagram, YouTube, dan Pinterest. Bahkan menurut Sutradara, Penata Artistik, dan Fotografer ternama Jay Subyakto mengungkapkan jika cellphone mempermudah pengambilan gambar secara cell serta berbagai fitur yang menarik.

Bahkan dia juga meyakini dengan berkembangnya teknologi smartphone mampu menyetarakan hasil gambar telephone dengan kamera profesional.

“Mas Tommy Siahaan (fotografer) suka dengan bukaan yang lebar bahkan harganya sampai ratusan juta. Sekarang ini cellphone mampu menghasilkan hasil bokeh yang sempurna seperti pada Galaxy S10 yang memiliki fitur bokeh dilengkapi AI. Selain itu phone juga mampu untuk mengedit, praktis untuk berpergian,” kata Jay dalam Acara Media Experience di Turki, Selasa (19/3/2019).

Jay juga mengungkapkan bahwa untuk menampilkan hasil gambar yang sempurna, seseorang harus mengerti fungsi fitur kamera smartphone untuk apa serta menciptakan cerita melalui gambar.

“Misalnya fitur tremendous gradual movement pada kamera telephone harus constant sekali. Selain itu, pengguna juga harus tahu gambar yang bisa mendramatisir efek ini (gradual movement) misalnya gerakan sayap burung,” kata Jay.

Selain itu dia juga mengatakan bahwa pengalaman dan pengetahuan juga diperlukan untuk menambah nilai originalitas (keaslian ide) suatu gambar atau video.

“Jadi dalam perkembangan fotografi dalam 10 tahun terlahir itu sangat pesat karena adanya telephone. Kemudian kita perlu memfilmkan atau memotret dengan originalitas, ini harus dari pengalaman kita pengetahuan kita tentang tempat tersebut,” kata Jay.

Terakhir, dia mengakui tidak ada hukum kaku atau teknis yang harus dijadikan paten untuk membuat gambar yang sempurna.

“Fotografi itu harus senang, bukan teknis. Bagi saya sangat senang melihat Instagram yang orisinalitasnya banyak sekali,” kata dia.